Tahun Baru, Blog Baru

Tidak terasa sudah setahun dari terakhir kali saya menulis blog. Saya selalu membuat resolusi saya tiap awal tahun untuk menulis terus, tetapi saya selalu menemukan alasan untuk tidak melakukannya. Saya tidak tahu kenapa saya sendiri selalu malas untuk menulis blog.

Lalu kenapa menulis blog lagi?

Mari kita flash back terlebih dahulu kenapa saya ingin menulis blog. Saya selalu menikmati belajar sesuatu yang baru dan selalu ingin membagikannya. Saya terkadang berbicara di depan umum dan merasa bahagia untuk bisa berbagi pengetahuan saya kepada rekan-rekan developer (meskipun saya selalu merasa gugup ketika berbicara di depan umum, bahkan sampai sekarang). Tetapi berbicara di depan umum membutuhkan waktu yang sangat banyak dan kita tidak bisa melakukannya tiap hari. Kita harus mencari peserta, menyiapkan isi pembicaraan, dan berlatih tiap hari sehingga kita tidak aneh ketika sudah berbicara di depan umum. Itulah kenapa kemudian saya menulis blog. Menulis blog itu tidak membutuhkan waktu yang banyak, kita bisa menulisnya kapanpun kita mau, kita tidak perlu mencari peserta, kita hanya perlu membagikannya di media sosial dan orang-orang bisa membacanya, dan kita juga tidak perlu menghadapi orang-orang dan mengatasi kegugupan.

Dua media blog

Untuk sekarang saya akan menggunakan medium untuk menulis blog di Bahasa Inggris dan website ini untuk menulis blog di Bahasa Indonesia. Kenapa saya melakukan hal tersebut? Karena saya ingin selalu membagikan pengalaman saya sebagai seorang developer yang mulai belajar Xamarin di seluruh dunia dan Indonesia khususnya karena hanya ada sedikit blog tentang Xamarin menggunakan Bahasa Indonesia.

Teknologi di balik website ini

Tahun lalu situs web ini menggunakan wordpress dan kemudian untuk blog saya sambungkan ke medium saya. Sekarang saya ingin sesuatu yang berbeda. Saya mencoba beberapa platform blog. Pertama, saya mencoba ghost dan kemudian memasangnya di azure, namun kemudian saya merasa bahwa hal tersebut terlalu mahal untuk saya kalau saya ingin menggunakan custom domain dan SSL, meskipun saya menggunakan SSL yang gratis dari LetsEncrypt. Saya tidak bisa menghabiskan sekitar ~ IDR 800.000/bulan. Oleh karena itu saya akhirnya mencari solusi lain. Pada saat itu saya teringat dengan teman saya Putu Yoga menggunakan github pages yang gratis untuk menaruh blognya. Saya kemudian menanyainya bagaimana dia melakukannya dan dia memberitahu saya kalau blognya menggunakan jekyll. Maka dari itu blog ini juga menggunakan jekyll, dan dokumentasi dari jekyll cukup lengkap yang membuat saya cukup yakin untuk menggunakannya. Saya juga ingin menggunakan SSL untuk website ini dan di saat itu saya berpikir kalau saya harus membuatnya lebih sederhana daripada menggunakan LetsEncrypt jadi saya menggunakan cloudflare untuk mengatur SSL dan hal-hal lain seperti caching. Ternyata hal itu cukup mudah, kita hanya perlu mendaftar di cloudflare dan ganti nameserver untuk mengarah ke cloudflare dan cloudflare akan mengatur sisanya.

Apa yang akan ditulis di blog ini?

Blog ini kebanyakan akan berisikan tentang pengalaman saya menggunakan Xamarin karena saya adalah Developer Xamarin. Tetapi hanya membahas satu topik akan membosankan bagi saya, dan saya juga tidak memiliki terlalu banyak materi tentang Xamarin. hehehe… Jadi blog ini akan juga berisi tentang pengalaman saya sebagai manusia dan juga teknologi-teknologi lain yang akan saya explore di kemudian hari. Semoga saya bisa konsisten menulis blog lagi dan kalian bisa menikmati isi dari blog ini. Cheers :D


Versi bahasa inggris bisa dibaca di sini

2019

Tahun Baru, Blog Baru

2 minute read

Tidak terasa sudah setahun dari terakhir kali saya menulis blog. Saya selalu membuat resolusi saya tiap awal tahun untuk menulis terus, tetapi saya selalu me...

Back to Top ↑